Our Blog

Sultan Jawa: Raja Terkaya di Indonesia

Beberapa media biasanya membuat riset mengenai raja-raja terkaya di dunia.

Raja-raja di Indonesia biasanya tidak masuk karena posisinya hanya sebagai pemimpin adat.

Tapi bukan berarti para raja-raja Nusantara sudah punah. Di antara mereka ada yang cerdas mengelola harta kekayaannya dan menjadi jutawan.

Salah satunya adalah Sri Sultan HB X yang menurut berita di bawah ini masuk dalam 200-terkaya di Indonesia.

Kekayaan memang tidak sebanyak Raja Thailand yang menjadi raja terkaya di dunia atau para anggota kerajaan di Arab.

Berikut beritanya:

Majalah Globe Asia edisi Juni 2013 merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Dalam daftar tersebut Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X masuk dalam peringkat 121 dengan jumlah kekayaan USD 225 juta.

Meski demikian, pria yang akan memperingati naiknya tahta ke-24 tahun menggantikan sang ayah Sri Sultan HB IX, enggan berkomentar lebih jauh terkait daftar ini. Ditemui sebelum mengikuti rapat paripurna di DPRD DIY, Rabu (5/6), Sultan hanya mengatakan "Engga lah, engga perlu komentar. Orang saya juga engga tahu kok."

Pada survei tersebut, peringkat pertama orang terkaya di Indonesia ditempati pengusaha rokok Djarum, Robert dan Michael Hartono dengan jumlah kekayaan USD 15,5 miliar. Berturut-turut peringkat dua sampai lima adalah Eka Tjipta Widjaja dari Sinar Mas (USD 13,1 miliar), Anthoni Salim dari First Pacific (USD 10,1 miliar), Susilo Wonowidjojo dari Gudang Garam (USD 6 miliar) dan Martua Sitorus dari Wilmar International (USD 3,7 miliar).

Sementara, Jakoeb Oetama dari Kompas Gramedia Grup menempati peringkat 26 dengan total kekayaan USD 1,3 miliar. Sedangkan pemilik media massa dengan kekayaan paling besar adalah Chairul Tanjung dari CT Corp (USD 2,05 miliar), yang berada di urutan ke 12.  (sumber)
 

TRUMON Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.